Tips Trik Bagaimana Cara Perawatan Komputer Yang Benar Dan Baik

Tips Trik Bagaimana Cara Perawatan Komputer Yang Benar Dan Baik - Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika, bermain game, sosial media dsb. Saya akan memberikan tips trik merawat komputer, agar komputer bisa tahan lama dan memiliki umur yang panjang. Langsung saja kalian simak tips trik bagaimana merawat komputer yang baik dan benar dibawah ini.

Perawatan komputer
Cara - Cara Perawatan Komputer : 

Jangan Terlalu Lama Saat Menggunakan Komputer
Jangan mengoperasikan komputer terus menerus selama lebih dari 12jam. Hal itu akan menurunkan kinerja dari masing-masing komponen komputer. Menggunakan komputer dalam jangka waktu lebih dari 12 jam dapat merusak syaraf mata kita.

Uninstall Atau Buang Program Yang Tidak Anda Gunakan Dan Tidak Penting
Hardisk yang terlalu penuh akan memperlambat dan menyita ruang hardisk. Hardisk yang penuh dapat memperlambat proses read/write harddisk anda, hal tersebut membuat kinerja komputer lebih berat alias lemot dan dapat mengurangi umur hardisk.

Gunakan Stabilizer
Gunakanlah Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik. Komputer yang terlalu sering mati tiba-tiba saat mati lampu atau dimatikan paksa saat program masih ada yang berkerja dapat mengurangi umur komputer.

Install Dan Update Secara Rutin Anti Virus
Setiap harinya virus selalu bermunculan dengan jenis dan nama berbeda. Untuk mengenali virus-virus baru pada komputer, selalu update anti virus. Virus bisa membuat file-file di komputer rusak, hilang, corrup, dan yang pasti kinerja komputer anda akan lemot dan juga berat. Mau tidak mau harus instal ulang komputer deh, karena itu kita harus mencegahnya dengan cara mengupdate anti virus secara rutin sebelum hall tersebut menimpa komputer kita.

Jangan Lupa Bersihkan Recycle Bin atau File - File Sampah Secara Rutin
File atau Folder yang dihapus sebenarnya tidak langsung dibuang atau hilang tetapi akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin, hal tersebut bertujuan apabila anda masih membutuhkan File/Folder yang sudah dihapus anda dapat mengembalikanya lagi.  Isi Recycle Bin yang terlalu banyak dapat menyita ruang harddisk dan dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lelet dan lambat.

Selalu Tutup atau Close Program yang Tidak Digunakan
Semua program yang berjalan umumnya menggunakan (RAM), semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg terpakai. Selain dapat menyebabkan komputer anda berjalan lambat, lemot, lelet juga dapat membuat beban kerja komputer menjadi lebih berat yang akhirnya akan memperpendek umur komponen pada komputer.

Bersihkan komponen Cpu Dari Debu Secara Berkala
Baiknya adalah enam bulan sekali kita harus membersihkan isi dari Cpu. Buka casingnya penutup cpu terlebih dahulu setelah tutup dibuka bersihkan isi cpu seperti  (Motherboard, RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dll) dengan sikat halus dan kuas halus.

Jauhkan Speaker Dari Monitor
Pada umumnya speker diletakkan disisi kiri dan kanan monitor, hal tersebut bertujuan agar terlihat lebih rapi. Apakah Anda  menyadari medan magnet yang ada pada speaker akan mempengaruhi monitor seperti warna monitor menjadi tidak rata dan belang-belang.

Sirkulasi yang cukup
Sirkulasi udara yang bagus, baik di dalam cpu maupun di luar cpu dapat membuat komponen menjadi dingin. Sirkulasi udara yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen. Karenanya usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok tidak terlalu dekat.

Matikan Komputer Ketika Cuaca Buruk Seperti Hujan, Petir dsb
Berbahaya jika menggunakan komputer dan internet ketika hujan lebat. Hal tersebut dapat berakibat fatal, yang biasanya terjadi adalah petir menyambar perangkat komputer Anda. Apabila sudah Terjadi maka tidak ada harapan lagi, komputer akan mengalami kerusakan parah. Petir dapat menyambar benda apapun termasuk komputer kita yang berhubungan dengan internet. Lebih berhati-hatilah dalam menggunakan komputer apalagi menggunakan koneksi internet.

Defrag Harddisk Dengan Berkala.
Fungsi defrag untuk mengurutkan dan menata file-file harddisk berdasarkan jenis file/data supaya proses read/write pada komputer lebih mudah, sehingga beban kerja komputer anda juga akan lebih ringan dan akhirnya bisa memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini jangan ada program lain yg berjalan pada komputer karena hal tersebut dapat mengacaukan fungsi defrag ini.

Nah segitu saja Tips Trik Bagaimana Cara Perawatan Komputer Yang Benar Dan Baik yang bisa saya sampaikan untuk kalian, semoga artikel diatas berguna, memperpanjang umur komputer  dan juga mempercepat kinerja komputer kalian. Share artikel diatas jika bermanfaat, baca juga Cara Menginstal Windows 7 Ultimate Dari Booting DVD Sampai Selesai.